Selasa, 04 Februari 2014

Trik menjawab soal UN Bahasa Indonesia dengan cepat dan benar

Seperti yang kita tau, 14, 15 dan 16 April 2014 akan diakan Ujian Nasional ( UN ) serentak untuk Sekolah Menengah Atas sederajat di Indonesia. Mata pelajaran yang akan di uji untuk Sekolah Menengah Kejuruan adalah Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kali ini saya akan membagi trik dalam menjawab soal Ujian Nasional salah satu materi yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia.
Bagaimana trik menjawab soal UN Bahasa Indonesia dengan cepat dan benar?
Berikut ada 3 strategi yang bisa kamu jalankan nih.
Strategi 1. Bisa jawab, jika tidak tinggalkan.
Maksudnya, setelah kamu menerima naskah soal dari pengawas ujian singkirkan yang lain-lain. LJK disimpan dahulu. Kamu hanya memegang naskah soal dan sebatang pensil. Baca nomor 1 dengan cepat. Kalau kamu bisa menjawab soal nomor 1 beri tanda pada piliha benar, kalau tidak bisa dilewat dulu dan pindah ke nomor 2. Baca soal nomor 2 dengan cepat, jika bisa langsung jawab, jika tidak tinggalkan. Begitu seterusnya
Strategi 2. Bila ragu, ikuti kata hati.
Setelah menerapkanstrategi 1, kembali kepada soal yang belum kamu jawab. Jangan kutak –katik jawaban yang sudah kamu jawab. Tapi....soal yang belum dijawab jangan dibaca secepat strategi 1 ya. Pelan – pelan saja sambil berpikir. Nah, pasti ada 3 pilihan yang harus kamu ambil setelah membaca 2x soal yang kamu tidak bisa jawab itu, yaitu : bisa,ragu-ragu dan tidak bisa. Untuk soal yang bisa djawab, ya langsung saja jawab. Untuk soal yang ragu –ragu silahkan ikuti kata hati. Pejamkan mata sejenak, baca dan lafalkan dalam hati jawaban yang kamu anggap benar. Jika kamu merasa jawaban tersebut lebih ‘terang’, mantapkan hatimu dan pilihlah jawaban itu. Berdasarkan penelitiana suatu pilihan yang didasarkan kata hati akan memiliki ketepatan minimal 50 % loh. Dan untuk soal yang tidak bisa bisa kamu beri tanda pada nomor soal naskah.
Strategi 3. ‘Tembak’.
Untuk soal yang kamu tidak tahu jawabannya, kamu tembak saja. Tapi ‘tembak’ dengan strategi. Begini strategi nya.... Sebelum tembak soal yang tidak bisa kamu jawab, lihat dulu LJK kamu. Cari option atau pilihan jawaban yang paling sedikit kamu hitamkan di LJK. Kalau pilihan A paling sedikit, berati bisa kamu jawab dengan option A. Begitu seterusnya....
Kenapa? Begini teorinya.... Rumus membuat kunci jawaban itu seperti ini : jumlah soal dibagi jumlah option plus minus 3. Kalau ada 50 soal, setiap option akan terdapat 10 kunci. Dan kalau strategi 3 kamu jalankan, minimal 20 % soal akan kamu jawab dengan benar.
Oh ya, jika ada waktu tersisa, lebih baik kamu manfaatkan untuk periksa kembali semua jawaban kamu beserta data yang harus diisi di LJK seperti nama, nomor ujian, nomor paket, dll.
Saran saya sesama pelajar yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun 2014 ini sih, yuk sering – sering kita kerjakan soal – soal, semakin terbiasa kita mengerjakan soal maka nantinya kita akan menemukan sendiri cara agar bisa mengerjakan dengan benar, tak lupa pula harus rajin belajar supaya lebih banyak soal yang bisa kita jawab sehingga nilai kita pasti akan lebih bagus.
Nah, selamat mencoba teman-teman! :D

2 komentar:

  1. Gambling in the US: What is it, and how does it work?
    For the past few decades, online gambling has been a very 대구광역 출장안마 popular activity in the United States. 문경 출장마사지 In this article, 전라북도 출장마사지 we 천안 출장안마 explain how to bet online in 전주 출장마사지 the USA,

    BalasHapus