Selasa, 04 Februari 2014

Earth Friendly Tourist



Siapa sih yang nggak suka travelling? Travellng ke pantai, gunung, hutan dan lain-lain. Tapi kadang, kita nggak sadar kalau kunjungan kita ke objek wisata malah membawa dampak buruk bagi lingkungan setempat. Nah, untuk tetap menghargai lingkungan yang kita kunjungi, sekarang ini ada dikenal dengan sebutan Ecotourism loh.

What is Ecotourism?

Secara sederhana, ekoturisme bisa diartikan sebagai wisata alam yang bertanggung jawab. Maksudnya, pengunjung nggak cuma berwisata tapi juga ikut memelihara lingkungan alam. Ekoturisme nggak sama kayak wisata alam biasa. Kegiatan kayak arung jeram, hiking, diving, nggak bisa disebut ekoturisme kalau masih menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Take nothing but pictures, leave nothing but footprints. Nah, prinsip itu lah yang dipegang ekoturisme.

Jangan ambil apapun, bahkan memetik bunga kecil sekalipun. Kalau semua orang mikir “kan cuma satu bunga” dan tetap memetiknya, lama – lama kan bisa habis juga dong bunganya. Ekoturisme juga termasuk nggak ninggalin sampah atau menganggu binatang loh. Selain itu, ekoturisme juga punya prinsip melestarikan budaya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Jadi sebelum berwisata, ada baiknya wisatawan pelajari dulu budaya warganya. Nilai luar yang dibawa wisatawan bisa merusak budaya asli. Intinya mengembangkan etika dan sopa santun berwisata.

Why is it important ?

Banyaknya bencana yang terjadi merupakan bukti nyata kalo bumi kita lagi ‘sakit’ loh, teman. Pelestarian alam pun jadi kegiatan penting yang nggak bisa ditunda lagi. So, what are the benefits of ecotourism to the environment? Banyak!!! Intinya, ekoturisme bisa membantu melestarikan makhluk hidup dan habitatnya. Ekoturisme juga punya banyak manfaat spesifik. Misalnya objek wisata di daerah sungai atau pantai bakal menciptakan pemandangan air yang indah. Dengan menjalankan ekoturisme, kita sudah melakukan green activity dan mengurangi efek global warming. Manfaat lain dari ekoturisme adalah meningkatkan potensi lokal, menambah pemasukan warga setempat dan melestarikan budaya lokal.

That’s why we should make this ecotourism as a part of our lifestyle :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar